Feb 10, 2015

Makanan Halal Di Khaosan Road

Jalan-jalan ke suatu tempat yang penduduknya mayoritas non muslim pastinya akan susah menemukan makanan halal. Biarpun tidak berbahan baku dari baboy tapi jika diolah dalam wadah yang sama atau digoreng bergantian dengan minyak yang sama, so pasti donk sayur sekalipun jadinya akan mengandung si dia.

Seperti yang saya lihat di sekitar Khaosan Road Bangkok. Sepanjang jalan banyak sekali penjual beraneka makanan dari menu makanan ringan hingga berat. Seperti ayam goreng, cumi, udang, sosis, bakso dan tahu tusuk. Hanya sosis dan bakso yang mengandung pork namun diolah dan diletakkan dalam satu wadah. Tamatlah niat wisata kulineran. Selamat ngiler dan kelaperan. Mangenaaakk...!!!

Eh ga juga lho, masih pantang menyerah karena bosen masak mie rebus lagi. Saya coba menyeberang jalan hanya sekedar melangkahkan kaki dan menemukan gang sempit yang disitu ada ibu-ibu berkerudung penjual makanan. Di dekatnya ada papan kecil bertuliskan Jakrapongse Mosque dan beberapa kaligrafi di dinding gang. Ternyata itu adalah gang menuju ke Masjid. Di sepanjang lorong banyak yang menjual makanan halal. Alhamdulillah bisa berpesta...

Langsung saya memesan sepotong ayam goreng yang telah lama saya idam-idamkan. Cukup sepotong aja karena potongannya gede-gede. Karena ibunya ga bisa bahasa Inggris kami ngobrol dengan bahasa isyarat. Saya tunjuk ayam sambil menepuk paha dan ibu dadah dadah maksudnya pahanya tidak ada. “Oke seadanya” Lalu dibungkuskan satu dan ibu bilang lagi “Lai lai?" Hmm... Geleng-geleng dan ibu membukakan dandang yang berisi nasi. “Oh, no!! How much?” Ibu pun menjawab chiang chong chiang chong… Haiissshhh mbuh... Sodorkan aja lembaran 100 THB dan ternyata dikembalikan 60 THB hehehe…. Saya pun pergi sambil bilang “Matur nuwun Bu” dijawab “Kha..”

Saya melangkah lagi ke Jalan Phra Sumen ternyata ada tenda makanan yang penjualnya ibu-ibu berkerudung. Tak jauh dari situ ada tenda lagi yang penjualnya ibu-ibu berkerudung juga. Huwaaahh banyak juga rupanya, baru tau dan merasa mak plong.

Nah buat kamu, iya kamu kalo pengen makanan yang halal bisa deh ikutin saya dan untuk lebih jelasnya lihat peta berikut ini…

Makanan halal paling banyak di Jalan Chakrabongse yaitu di depan gang dan sepanjang gang menuju masjid. Tulisan Mosquenya kecil sekali kalau siang terhalang oleh tenda yang berjualan, jadi harus jeli biar ga terlewat. Dan juga di Jalan Phra Sumen ada dua tenda yang penjualnya ibu-ibu berkerudung. Pernah membaca blog orang katanya di Phra Atit juga ada restoran Roti Mutaba tapi waktu itu saya cari ga ketemu.

Masjid Jakrapongse jalan utamanya lewat gang di Jalan Chakrabongse bisa juga lewat gang yang lebih kecil dan berbelok-belok di Jalan Phra Sumen dari depan gang kelihatan kubahnya berwarna hijau (kalau belum ganti warna).

Ibu berjualan cemilan di Jalan Phra Sumen di depan gang kecil yang tembus ke Masjid, ga tau apa namanya dari bahan-bahannya ada pisang dan telor.

Ini berdekatan dengan gambar yang nomer 1 tapi ga tau jualan apa, waktu itu masih siap-siap berjualan.

Indian Food di Jalan Chakrabongse, dekat dengan gang menuju ke masjid.

Gang menuju ke Masjid, sepanjang gang banyak yang menjual makanan halal mulai dari beraneka cemilan, nasi, ayam goreng, buah dan minuman.

Warung yang punya orang Turki masuk ke dalam gang berdekatan dengan masjid
Makanan di warung Turki, entah apa namanya harga seporsi 35 THB

Ga usah khawatir kelaparan kalo lagi jalan-jalan atau menginap di daerah Khaosan. Kalo mau praktis ya masak sendiri di hotel seperti yang sering saya lakukan. Tapi masakan Thailand mah uenak cucok banget di lidah. Mending jajan aja. Harganya pun mirip di Indonesia malah kadang lebih murah.

1 comment:

  1. Makanan halal merupakan hal penting bagi orang Islam, karena itu gak heran apabila pesawat2 juga mulai menyediakan Makanan halal di pesawat .

    ReplyDelete

Tolong jangan spaming ya Kisanak. Kasih masukan agar saya banyak belajar lagi. Semoga kita semua dimanapun berada selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiinn... Tengkyu yaa... Pokoknya mah betapa ku cinta padamu deh. Salam Hormat High Quality Gombel.