My life isn't perfect, but I'm thankful for everything I have

Indonesia... Murah...

Menurut cerita teman dan beberapa kali pernah merasakan sendiri, dimana-mana orang Indonesia paling disambut tapi oleh pedagang karena paling konsumtif diantara yang lain. Kalau belanja ga tanggung-tanggung. Jarang hanya jalan-jalan belaka, pastinya sekalian karena aji mumpung, mumpung murah, mumpung diskon, mumpung ada, mumpung kesini, buat si ini si itu dan seabreg lagi. Lihat saja yang baru pada pulang dari luar negeri pasti kopernya pada berjibun.

Pernah asakan sendiri waktu di Arab tapi taunya ya cuma Mekah, Madinah dan Jeddah karena paket umroh. Disana banyak pedagang yang bisa bahasa Indonesia bahkan bayarnya pun boleh pakai rupiah. Saya masuk toko sambil ngobrol sama temen mungkin denger obrolan kami jadi mereka tau dari Indonesia, tadinya pedagang itu lagi melayani orang Malaysia seketika langsung pindah haluan ke kami "Ayo Indonesia sini murah murah..." "Sepuluh real, lima real" "Bisa diskon" "Halal kakak halal". Jadi serasa di Tanah Abang.

Pernah juga nganterin ibu-ibu serombongan belanja, aje gileee... Segala diborong bo. Ga ada ceritanya beli makanan cuma sekilo, minimal 5 kilo dan bermacam-macam pula. Kalau beli baju, sajadah, pashmina gitu minimal selusin. Sampai bengong duitnya kok ga habis habis. Jadi kya lebih banyak mikirin belanjaan dari pada ke masjid. Mau ke masjid mampir toko dulu, pulangnya apalagi. Koper berangkatnya cuma satu, pulang istrinya tiga suaminya tiga yang paling kecil ukuran 29. Ruaaarr biasaaaa... Tau banget karena saya sekamar ama istrinya. Itu baru sepasang ya masih berjibun lagi ibu-ibu yang lainnya.

Itulah yang bikin pedagang disana cinta banget ama orang Indonesia. Karyawan toko kebanyakan diambil dari Indonesia. Konon pasar seng di Mekah yang kasih nama juga orang Indonesia. Sampai kresek bungkus belanjaan tulisannya bukan Arab lagi tapi bahasa Indonesia biarpun EYDnya ga pas.

Pernah juga waktu di Seoul di Namdaemun Market. Banyak banget pedang yang antusias menyambut kami kadang ada yang bisa bahasa Indonesia juga. Begitu kami masuk ke toko langsung disuruh duduk, dikasih minum dan dipaksa suruh nyicipin banyak banget ga ada pelit-pelitnya. Akhirnya karena ga enak jadi beli semua termasuk saya yang niatnya cuma nganterin dan karena belinya banyak jadi dikasih bonus banyak banget. Setelah dibanding-bandingin ternyata disitu harganya mahal. Pantes aja bonusnya banyak hahaha... Mereka udah hafal kali, orang Indonesia kalau dibaikin sedikit jadi ga enakan.

Di bandara Don Mueang Bangkok saya pernah bareng rombongan ibu-ibu yang kopernya gede-gede. Mereka check in duluan dan lamaaaaa... banget ga selesai-selesai. Ternyata kopernya pada over weight dan disuruh bayar ada yang seorang sampai 2jt. Nah lo... Padahal isinya cuma barang-barang krentilan yang harganya ga seberapa. Untung petugas check in nya baik, jadi dititipin ke orang-orang yang bagasinya masih tersisa, termasuk ke saya. Saya hanya bawa ransel dan males naro ke bagasi, untungnya cuma 7kg lebih sedikit masih diperbolehkan dibawa ke kabin. Jadi free bagasi saya 15kg ga kepake sama sekali. Eh masih 4 koper lagi ternyata. Singkat cerita yang 2 koper masih bisa nitip ke orang dan yang 2 lagi harus dibongkar dibagi-bagi ditenteng ke kabin. Dan bener isinya krentilan kya gantungan kunci dan gunting kuku. Kok jadi ngomongin belanjaan orang suka-suka sih mau beli apa tapi harusnya kan bisa memperkirakan bagasinya jadi ga merepotkan orang lain.

Itu baru yang saya lihat sendiri yang notabene saya jalan-jalannya masih tahap ecek-ecek, kalau cerita dari orang yang suka keliling Eropa atau USA, katanya orang Indonesia kalau belanja bisa sampai ratusan ribu uang sono kalau dirupiahkan jadi angka M. Jadi sangat beralasan kalau orang Indonesia memang paling disambut pedagang dimana-mana.
Share:

No comments:

Post a Comment

Tolong jangan spaming ya Kisanak. Kasih masukan agar saya banyak belajar lagi. Semoga kita semua dimanapun berada selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiinn... Tengkyu yaa... Pokoknya mah betapa ku cinta padamu deh. Salam Hormat High Quality Gombel.

Popular Posts

I HAVE BEEN

Recent Posts

ALLAH IS THE GREATEST

Allah's plan is always more beautiful than our desire.

GOING ARROUND

DEAR MY STALKER

Hello dear how are you? I am doing fine. Thank you for checking up on me.

DEAR MY BEST FRIEND

Thank you for making everything better. Thank you for inspiring me. Thank you for being my confidant. You never judged me for being vulnerable.